Bagaimana Hipnoterapi mengatasi kecemasan ?

Oleh : Andri Hakim, IACT, President IACT Chapter Indonesia,

Seseorang dapat merasakan gangguan kecemas dikarenakan adanya berbagai alasan tertentu, seperti adanya kekhawatiran tentang masa depan, suatu kondisi ketidakpastian, adanya tekanan sosial, atau situasi kondisi yang mengancam keselamatan atau kesehatan dirinya

Berikut ini beberapa faktor yang dapat menyebabkan cemas meliputi:

  1. Faktor biologis: sebagian orang mungkin memiliki kecenderungan secara genetik memiliki gangguan kecemasan, atau suatu kondisi medis tertentu yang dapat mempengaruhi level kecemasan.
  2. Faktor psikologis : Peristiwa / Trauma Masa lalu, Pengalaman Buruk, atau masalah mental seperti gangguan kecemasan, depresi, gangguan stres pasca-trauma dapat menjadikan seseorang menjadi lebih rentan terhadap gangguan kecemasan itu sendiri,
  3. Faktor lingkungan: adanya suatu tekanan pekerjaan, tuntutan sosial, atau suatu keadaan lingkungan yang tidak aman atau tidak stabil juga bisa memicu seseorang menjadi lebih cemas.

Sahabat, kecemasan sebenarnya adalah respons alami tubuh kita terhadap stres, yang memungkinkan kita untuk mempersiapkan diri (siap tempur) dan menghadapi situasi yang menantang. Namun, jika kecemasan terjadi terus-menerus dan tentunya berdampak seperti mengganggu aktivitas sehari-hari, maka hal tersebut adalah yang perlu segera ditangani.

Hipnoterapi dapat digunakan untuk membantu seseorang mengurangi kecemasannya dengan cara mengakses Pikiran Bawah Sadar (PBS) seseorang serta merubah pola pikir yang tidak sehat atau merugikan.

Berikut ini beberapa teknik hipnoterapi yang umum digunakan untuk mengatasi kecemasan adalah:

  1. Relaksasi : Hipnoterapis dapat membantu klien mencapai keadaan relaksasi yang dalam melalui sugesti atau visualisasi, sehingga klien merasa lebih tenang dan rileks.
  2. Visualisasi positif: Hipnoterapis dapat membantu klien membayangkan situasi yang menyenangkan dan menenangkan, sehingga klien dapat memindahkan perhatiannya dari kecemasan ke pikiran yang lebih positif.
  3. Terapi suggesti: Hipnoterapis dapat memberikan saran atau sugesti positif ke pikiran bawah sadar klien untuk merubah pola pikir negatif yang menyebabkan kecemasan.
  4. Regresi: Teknik hipnoterapi regresi dapat digunakan untuk membantu klien mengatasi kecemasan yang berkaitan dengan trauma masa lalu atau pengalaman buruk.

Hipnoterapi harus dilakukan oleh seorang hipnoterapis yang kompeten dan memiliki ijin resmi serta harus menguasai pengetahuan dan keterampilan yang memadai guna memandu klien saat klien keadaan hipnosis yang dilakukan secara aman dan efektif.

Bagi Sahabat yang ingin membantu sesama dalam mengatasi kecemasan atau gangguan emosional lainnya, yuk segera upgrade skill dan ikuti Pelatihan Hipnoterapi yang diselenggarakan secara professional,

Andri Hakim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *